Tuesday 28 January 2014

Alat Pengusir Nyamuk Sederhana

Kindly Bookmark and Share it:

Kini perkembangan dunia teknologi sangatlah pesat. Sehingga dibutuhkan suatu kemampuan dalam menyeimbangkan perkembangan tersebut.
Tidak hanya perkembangan dunia teknologi komunikasi dan informasi, teknologi dalam bidang elektronika sebagai faktor utama yang mendukung teknologi dapat mengalami perkembangan hanya dalam beberapa bulan saja, khususnya perangkat elektronik yang bersifat analog maupun digital. pembuatan alat ini dimulai dari menggambar skemanya dan kemudian dirangkai menjadi suatu rangkaian yang dapat digunakan untuk mengusir nyamuk tentunya brooow.
Nyamuk memang menyebalkan, apalagi ketika kondisinya sudah sangat menggangu kita dalam waktu istirahat pada malam hari,baik itu diganggu oleh bunyinya sampai gigitannya pada tubuh kita yang mulus dan bersih.
dengan alat sederhana ini semoga dapat membantu anda untuk mengusir nyamuk - nyamuk bandel yang ada dirumah kita semua



Cara kerja Alat pengusir nyamuk bandel
menurut penelitian, biasanya yang sering menggigit itu adalah nyamuk betina/cwek/perempuan, sedangkan nyamuk betina tidak senang kalau didekati oleh nyamuk jantan jika tidak pada saat musim kawin. Ternyata nyamuk betina ini suka nya pas musim kawin aja gan, luar biasa nyamuk betina.
Rangkaian ini menghasilkan frekuensi tinggi suaranya menyerupai suara nyamuk jantan.Oleh karena itu nyamuk betina akan diusir sama sang suami hehehhe. Berikut ini adalah skema rangkaiannya :



Daftra komponen :
R1 = 10K
R2 = 680 ohm 1/4 watt
R3 = 100 ohm 1/4 watt
D1 = IN4001
P1 = potensio lineir
C1 = 0.01 mf
Tr1 = UJT2646
Tr2 = BC 548
Ls = tweeter

Dalam pembuatan alat ini tidak mudah, adapun beberapa kendala yang harus dihadapi dalam proses pembuatannya baik dari tahap awal sampai tahap akhir, seperti pada saat perancangan layout yang diambil dari skema elektronika yang nantinya akan digambar pada papan PCB.
Kendala pada tahap selanjutnya adalah memindahkan atau menggambar layout tersebut pada papan PCB. setelah itu adalah pelarutan papan PCB tersebut. Papan PCB yang digunakan adalah papan PCB polos. pembuatan jalur pada papan PCB dapat menggunakan spidol permanen yang mempunyai ujung spidol tidak terlalu besar. Setelah menggambar layout, kita perlu membersihkan tembaga - tembaga yang tidak dibutuhkan pada papan PCB. Larutan yang digunakan untuk membersihkan papan PCB adalah larutan fericlorida ( FCl ).

Langkah - langkah pelarutan :
1. siapkan wadah yang akan digunakan untuk melarutkan fericlorida.
2. siapkan fericlorida dan air panas.
3. masukkan fericlorida ke dalam wadah dan campurkan dengan air panas.
4. lalu goyangkan wadah sampai fericlorida terlarut semua bersama air panas.
5. setelah larut, masukkan papan PCB yang akan dibersihkan, lalu goyangkan wadahnya agar tembaganya cepat bersih.
6. setelah 5-7 menit atau sampai terlihat papan PCB bersih dari tembaga.
7. lalu bersihkan papan PCB menggunakan air bersih.
dalam pelarutan papan PCB anda harus berhati - hati karena kalau sampai tangan terkena  fericlorida  itu dapat menyebabkan tangan gatal - gatal.
sekian, mudah - mudahan semuanya bermanfaat untuk kita semua.

No comments:

Post a Comment